Jarimatika

Mau tahu cara cepat untuk belajar perkalian?

Gunakan jari-jari tanganmu…..

Jarimatika; cara menghitung dengan cepat dengan menggunakan jari-jari tangan.

Yuk, ikuti cara cepat belajar jarimatika perkalian.

TRIK PERTAMA

jari kiri tekuk 1(sambil teriak 6) , sisa 4(jari)
jari kanan tekuk 4(sambil teriak 6,7,8,9) sisa 1(jari)

jari tekuk kita jumlah dan kalikan dengan 10
(1+4)*10=50

sisa jari dikalikan
4×1=4

hasil hitungan dijumlahkan
50+4=54

TRIK KEDUA

98X96=

gini caranya:
100 sebagi pedoman karena dekat dengan angka perkalian yang akan kita cari.
100-98=2
100-96=4

98-4=94
96-2=94

kita sudah dapat 94X100=9400
2X4=8

9400+8=9408

jadi 98×96=9408

Nah, lebih cepat dan gampangkan?

Bagi kalian yang merasa matematika adalah pelajaran yang sangat menakutkan, sekarang ini jangan takut lagi, belajarlah mengganggap matematika sebagai sahabat kalian. Selamat bermain dan belajar.

Berikut ini ada beberapa gambar melakukan perkalian jarimatika. Bacalah petunjuknya dan peragakanlah bersama-sama.

Perkalian Angka antara 11 sampai 15

Formasi Jari untuk angka 11 sampai 15

Formasi Jari untuk angka 11 sampai 15

Perhatikan formasi jari untuk angka 11 sampai dengan angka 15 diatas. Dengan formasi jari tersebut kita akan dapat menyelesaikan soal perkalian 11 sampai 15 dengan mudah dan sangat cepat.

Contoh pengoperasian perkalianContoh pengoperasian perkalian

Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa perkalian angka antara 11 sampai 15 dapat kita selesaikan dengan mudah. Kita hanya memposisikan jari seperti formasi di gambar pertama.

Contoh untuk soal 13 X 12

Langkah-langkahnya:

1. Posisikan Jari formasi 13 dan 12

2. Tulis angka 100

3. Jumlahkan jari-jari yang berdiri kiri ada 3 dan di kanan ada 2, dalam puluhan jadi jumlahnya 50

4. Kalikan angka-angka satuannya. Dari angka 13 dan 12 maka satuannya adalah 3 dan 2. Jadi hasil kalinya adalah 6

5. Jumlah keseluruhan hasil 100 + 50 + 6 = 156

Begitupun juga untuk soal nomor 2 diatas. Jika anak telah paham tidak perlu lagi menulis langkah-langkahnya hanya melihat formasi jari anak sudah mengetahui jumlahnya.

Perkalian angka “11 sampai 15″ dengan angka “16 sampai 20″

Formasi Jari untuk Angka 16 sampai 20

Formasi Jari untuk Angka 16 sampai 20

Formasi jari untuk angka 16 sampai 20 sama dengan formasi jari untuk angka 11 sampai 20. Untukpengoperasian kita lihat contoh gambar berikut ini.

Pengoperasian perkalian angka 11-15 dengan angka 16-20

Pengoperasian perkalian angka 11-15 dengan angka 16-20

Langkah-langkah pengoperasian hampir sama dengan perkalian angka 11 sampai 15. Yang membedakan hanya dilangkah ke 2.

Contoh 1 dalam gambar 16 X 11

langkah-langkahnya:

1. Posisikan Jari formasi 16 dan 11

2. Tulis angka 150

3. Jumlahkan jari-jari yang berdiri kiri ada 1 dan di kanan ada 1, dalam puluhan jadi jumlahnya 20

4. Kalikan angka-angka satuannya. Dari angka 16 dan 11 maka satuannya adalah 6 dan 1. Jadi hasil kalinya adalah 6

5. Jumlah keseluruhan hasil 150 + 20 + 6 = 176

Dan untuk soal nomor duapun sama pengoperasiannya.

*) catatan jika angka 20, maka pada langkah ke 4 satuannya bukan 0 melainkan 10.

Perkalian Angka 16 sampai 20

Pada perkalian angka ini formasi tetap seperti pada formasi jari diatas. (Lihat gambar ke-3). Pengoperasiannya juga hampir sama. Kita lihat dalam gambar.

Pengoperasian perkalian angka 16 sampai 20Pengoperasian perkalian angka 16 sampai 20

Penjelasan untuk contoh di gambar 17 X 17

Langkah-langkahnya:

1. Posisikan Jari formasi 17 dan 17

2. Tulis angka 200

3. Jumlahkan jari-jari yang berdiri kiri ada 2 dan di kanan ada 2, dalam puluhan jadi jumlahnya 40

4. Kalikan angka-angka satuannya. Dari angka 17 dan 17 maka satuannya adalah 7 dan 7 Jadi hasil kalinya adalah 49

5. Jumlah keseluruhan hasil 200 + 40 + 49 = 289

*) catatan jika angka 20, maka pada langkah ke 4 satuannya bukan 0 melainkan 10.

Semoga bermanfaat …

Gambar 1:

http://viesscholar.blogspot.com/2011/02/revitalisasi-pengajaran-jarimatika.html

Tentang matitaputtychristi

Friendly
Pos ini dipublikasikan di Matematika SD dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar