Perkalian Kanada

Salah satu kesulitan utama dalam mengajarkan perkalian adalah memahami konsep suatu himpunan sebagai suatu entitas dan pada saat yang sama, entitas tersebut juga merupakan kumpulan dari beberapa benda atau objek (Walle, 2007). Sebagai salah satu contoh untuk memahami pegertian diatas maka perhatikanlah contoh berikut:

“Berapa banyak buah mangga yang ada dalam 5 keranjang jika masing-masing keranjang berisi 7 mangga?”

Untuk bisa berpikir secara multiplikatif mengenai soal ini yaitu lima himpunan dari 7, anak-anak harus bisa mengkonseptualisasikan setiap kelompok delapan tersebut  sebagai satu benda saja.

Agar anak lebih jelas memahami konsep perkalian ini maka adalah ebih menyenagkan jika kita membuat sebuah permainan matematika. Oleh karena, permainan matematika adalah suatu yang menggembirakan yang dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Selain itu, keunggulan dari permainan yang mengandung nilai-nilai matematika ini juga dapat meningkatkan keterampilan , penanaman konsep, pemahaman dan pemantapannya; meningkatkan kemampuan menemukan, memecahkan masalah, dan lain-lain.

Lebih jelas tentang aturan permainan Perkalian kanada ini dapat anda download :  Perkalian Kanada

Sumber  :Majalah PMRI Vol. VIII No. 1, Januari 2010/Sutarto Hadi

Tentang matitaputtychristi

Friendly
Pos ini dipublikasikan di Kuliah Semester 1, RME. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s